Virus Corona Menular dari Istri ke Suami di Chicago

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jumat, 31 Jan 2020 06:03 WIB
Wabah virus corona telah memakan 80 orang korban tewas. Indonesia mengantisipasi masuknya virus corona dengan pemeriksaan penumpang di sejumlah bandara.
Foto: Ilustrasi (Antara Foto)
Jakarta -

Pejabat kesehatan Amerika Serikat mengidentifikasi kasus pertama virus corona yang menular dari orang ke orang. Seorang pria di Chicago tertular istrinya.

"Orang kedua di Illinois yang dinyatakan positif virus corona adalah warga Chicago yang merupakan pasangan yang terkonfirmasi kasus terkait," kata Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Robert Redfield, seperti dikutip dari AFP, Jumat (31/1/2020).

Kasus pertama yang terkonfirmasi menyangkut seorang wanita berusia 60 tahunan yang baru saja berpergian ke Wuhan. Suaminya lalu tertular, padahal tidak berpergian ke China.

Kepala petugas medis Jennifer Layden mengatakan kondisi pria itu stabil. Baik pejabat federal maupun negara menegaskan patogen tidak menyebar luas di masyarakat dan risiko bagi orang-orang Amerika masih rendah.

Dengan kasus terbaru ini, ada enam pasien yang terkonfirmasi virus corona di AS.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan situasi darurat global terkait virus corona mematikan yang menyebar dari China. Pengumuman pada Kamis ini diambil setelah China melaporkan lonjakan angka kematian terbesar dalam sehari.

Dilansir AFP dan AP, WHO merevisi penilaian risiko mereka terhadap virus corona. Virus corona kini telah membunuh 170 orang di China.

"Alasan utama dari deklarasi ini bukan karena apa yang terjadi di China tetapi karena keadaan di negara-negara lain," kata petinggi WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

"Deklarasi ini bukanlah mosi tidak percaya di China. Sebaliknya, WHO terus memiliki kepercayaan terhadap kapasitas China untuk mengontrol wabah," kata Tedros.

(gbr/gbr)