Korban Tewas Wabah Virus Corona di China Bertambah Jadi 132 Orang

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 10:10 WIB
Virus corona yang menyebar di wilayah Wuhan, China, membuat sejumlah warganya terjangkit dan harus dievakuasi ke rumah sakit. Tim medis pun bantu evakuasi warga
Foto: Chinatopix via AP Photo
Beijing -

Korban jiwa akibat wabah virus corona terus bertambah di China. Data terbaru yang diumumkan otoritas kesehatan China, sejauh ini 132 orang meninggal akibat penyakit tersebut.

Seperti dilansir media China, Xinhua, Rabu (29/1/2020), hingga Selasa (28/1) malam waktu setempat, korban jiwa akibat wabah coronavirus ini telah bertambah menjadi 132 orang.

Otoritas kesehatan China juga mengumumkan bahwa sejauh ini, ada 5.974 kasus virus corona yang terkonfirmasi di 31 wilayah setingkat provinsi hingga Selasa (28/1) malam waktu setempat. Otoritas kesehatan China juga menyatakan bahwa mereka tengah memonitor lebih dari 9 ribu kasus suspect (diduga) virus mematikan ini.

Sebelumnya dilaporkan bahwa 106 orang tewas akibat virus yang memiliki nama resmi 2019-nCoV ini. Laporan televisi nasional China, CGTN, sebelumnya juga menyebut total 4.275 kasus virus corona terkonfirmasi di berbagai wilayah China. Sedikitnya 60 pasien dilaporkan telah sembuh dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Virus corona ini diyakini berasal dari sebuah pasar hewan di kota Wuhan, China, di mana hewan-hewan eksotik dan daging hewan liar diperdagangkan secara ilegal. Pasar hewan itu telah ditutup dan penyelidikan telah dilakukan otoritas setempat.

Muncul sejak Desember 2019, virus yang memicu gangguan pernapasan ini telah menyebar luas ke sebanyak 31 provinsi, wilayah otonomi dan kotapraja di China. Virus ini juga diketahui telah menyebar hingga ke sedikitnya 16 negara, termasuk Amerika Serikat (AS).

Blak-Blakan Kemenkes: Corona Lebih Jinak dari SARS & MERS:

[Gambas:Video 20detik]

(ita/ita)