Kasus Pertama di Taiwan, Seorang Pria Tertular Virus Corona di Dalam Negeri

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 23:59 WIB
Virus corona yang menyebar di wilayah Wuhan, China, membuat sejumlah warganya terjangkit dan harus dievakuasi ke rumah sakit. Tim medis pun bantu evakuasi warga
Tim Medis Tangani Virus Corona di Wuhan (Foto: Chinatopix via AP)
Taipei -

Taiwan melaporkan kasus pertama penularan virus corona di dalam negeri. Taiwan pun meningkatkan peringatan perjalanan ke China setelah ada wabah virus corona dan mengimbau orang-orang harus menghindari pergi ke China kecuali benar-benar diperlukan.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (28/1/2020), Taiwan dan Cina memiliki ikatan ekonomi dan budaya yang erat. Taiwan pun telah melaporkan delapan kasus virus corona yang terkonfirmasi.

Pusat Komando Epidemi Sentral Taiwan mengatakan pasien terakhir, yang kedelapan, adalah kasus penularan pertama di pulau tersebut. Sementara, seperti dalam semua kasus sebelumnya, orang-orang telah terinfeksi pertama kalinya di Cina.

Pasien baru itu adalah seorang pria berusia 50-an tahun dari Taiwan tengah. Pusat Komando menyebut pria itu terinfeksi oleh istrinya setelah sang istri kembali dari bekerja di Cina dan sebelum dia didiagnosis kemudian. Pria itu disebut berada dalam kondisi baik.

Secara terpisah, Pusat Komando mengatakan pihaknya akan memperluas peringatan untuk tidak pergi ke China lainnya dan Provinsi Hubei kecuali benar-benar diperlukan, meski tidak termasuk Hong Kong dan Makau. Taiwan juga telah membatasi sebagian besar pengunjung yang berasal dari Tiongkok.

(azr/azr)