Penderita Virus Corona di Thailand Naik Jadi 14 Orang, 5 Pasien Telah Sembuh

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 15:23 WIB
Boat passengers on a jetty wear face masks in Bangkok, Thailand, Tuesday, Jan. 28, 2020, to protect themselves from the coronavirus. Panic and pollution drive the market for protective face masks in Asia, where fear of the virus from China is straining supplies and helping make mask-wearing the new normal. Thailands Public Health ministry said Tuesday six more people have tested positive with the new virus infection, raising to 14 the total number of cases in the country. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)
Warga Thailand memakai masker wajah saat beraktivitas di kota Bangkok di tengah wabah virus corona (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)
Bangkok -

Otoritas Thailand mengonfirmasi enam kasus baru terkait wabah virus corona di wilayahnya. Total ada 14 kasus virus corona yang ditangani otoritas Thailand, dengan lima kasus di antaranya telah sembuh.

Seperti dilansir CNN dan Reuters, Selasa (28/1/2020), Kementerian Kesehatan Publik Thailand (MOPH) dalam pernyataan terbaru menyebut keenam pasien virus corona yang baru terinfeksi ini semuanya warga negara China. Keenam pasien ini diketahui baru datang dari China.

Sekretaris permanen MOPH, Sukhum Kanchanapimai, dalam keterangan pers menyebut lima pasien di antaranya berasal dari satu keluarga yang sama, yang diketahui baru tiba dari Provinsi Hubei, pusat wabah virus corona.

Wakil Dirjen Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, Dr Tanarak Pilpat, menyebut kelima pasien itu berusia 6 tahun hingga 70 tahun. Tanarak mengatakan bahwa awalnya satu orang dari keluarga itu dilarikan ke rumah sakit usai menunjukkan gejala virus corona -- demam, kesulitan bernapas dan batuk-batuk -- setelah tiba di Thailand. Empat orang lainnya ikut dikarantina setelah menunjukkan gejala yang sama usai diperiksa. Kelimanya dinyatakan positif virus corona.

Pasien keenam yang positif terinfeksi virus corona di Thailand diketahui berasal dari Provinsi Chongqing, China.

Dalam pernyataan yang dilansir AFP, Menurut Menteri Kesehatan, Anutin Charnvirakul, sebelumnya menyebut lima pasien di antaranya dinyatakan telah sembuh dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Sisanya, tiga pasien masih dirawat di rumah sakit setempat.

Laporan Bangkok Post juga menyebut lima pasien telah dipulangkan dari rumah sakit. Seluruh pasien virus corona di Thailand merupakan warga negara China, kecuali satu wanita Thailand berusia 73 tahun yang baru pulang dari kota Wuhan pada bulan ini.

Simak Video "Heboh Virus Corona, Uya Kuya Berbagi Tips Tutup Mulut saat Bersin"

[Gambas:Video 20detik]

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2