Duh! 5 Juta Orang Tinggalkan Wuhan Sebelum Karantina Wabah Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 14:05 WIB
Virus corona jenis baru pertama kali ditemukan di kawasan Wuhan, China. Kawasan itu pun kini terisolasi untuk antisipasi penyebaran virus yang makin meluas.
Suasana di kota Wuhan, China saat dikarantina akibat wabah virus corona (Chinatopix via AP)
Wuhan -

Sekitar lima juta orang dilaporkan pergi dari kota Wuhan yang menjadi asal muasal wabah virus corona di China. Perginya jutaan orang dalam rangka liburan Tahun Baru Imlek itu terjadi sebelum karantina diberlakukan secara resmi terhadap kota berpenduduk 11 juta orang tersebut.

Seperti dilaporkan televisi nasional China Global Television Network atau CGTN, Selasa (28/1/2020), hal tersebut diungkapkan oleh Wali Kota Wuhan, Zhou Xianwang, dalam konferensi pers pada Minggu (26/1) waktu setempat.

Kota Wuhan dan belasan kota lainnya di Provinsi Hubei telah dikarantina sejak 23 Januari lalu, yang dimaksudkan untuk mengendalikan penyebaran virus corona. Namun sayangnya diketahui bahwa banyak orang telah pergi meninggalkan kota Wuhan sebelum karantina diberlakukan. Ke mana saja mereka pergi?

Kota Wuhan merupakan kota industri dan kota perdagangan di wilayah China bagian tengah. Wuhan juga menjadi lokasi bandara terbesar di Provinsi Hubei. Kota ini juga memiliki pelabuhan. Terlepas dari itu, kota Wuhan juga merupakan salah satu kota imigran domestik terbesar di China, atau dengan kata lain memiliki banyak warga pendatang. Jadi tidak aneh jika banyak orang pergi meninggalkan kota Wuhan saat atau menjelang liburan Tahun Baru Imlek, yang merupakan liburan terpenting di China.

Menurut data Biro Kebudayaan dan Pariwisata Wuhan, sekitar 2,4 juta orang pergi meninggalkan kota Wuhan saat musim liburan Tahun Baru Imlek tahun 2018 lalu.

Laporan Big Data Lab dari Baidu, perusahaan layanan web terkemuka di China, menyebut populasi imigran terbesar di Wuhan berasal dari kota Xinyang yang ada di Provinsi Henan, kemudian diikuti oleh kota Chongqing di China bagian barat daya. Populasi imigran di Wuhan juga diketahui berasal dari Nanyang, Zhumadian, Guangzhou, Zhoukou, Beijing, Shangqiu, Shenzhen dan Changsha. Lima kota di antaranya diketahui ada di Provinsi Henan.

Oleh karena itu, saat liburan Tahun Baru Imlek, banyak orang meninggalkan Wuhan untuk pulang ke kampung halaman mereka, khususnya kota-kota di atas.

Simak Video "Gegara Virus Corona, Chaca Batalkan Ultah di Disneyland Hong Kong"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2