Wabah Virus Corona, AS Minta Warganya Pikir-pikir Pergi ke China

ADVERTISEMENT

Wabah Virus Corona, AS Minta Warganya Pikir-pikir Pergi ke China

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 12:48 WIB
Virus corona yang menyebar di wilayah Wuhan, China, membuat sejumlah warganya terjangkit dan harus dievakuasi ke rumah sakit. Tim medis pun bantu evakuasi warga
Tim medis tangani wabah virus corona di Wuhan, China (Chinatopix via AP)
Washington DC -

Otoritas Amerika Serikat (AS) menaikkan level imbauan perjalanan ke China untuk seluruh warganya, terkait wabah virus corona. Setiap warga AS diminta mempertimbangkan kembali kunjungan ke wilayah China saat ini.

Seperti dilansir CNN, Selasa (28/1/2020), otoritas AS khususnya Departemen Luar Negeri AS baru saja menaikkan imbauan perjalanan untuk China, ke level 3 yang berbunyi 'pertimbangkan kembali perjalanan' atau 'reconsider travel'. Level 3 merupakan tertinggi kedua setelah level 4 yang berbunyi 'jangan bepergian' atau 'do not travel'.

"Pertimbangkan kunjungan ke China karena novel coronavirus yang pertama diidentifikasi di Wuhan, China. Beberapa daerah mengalami peningkatan risiko," demikian bunyi imbauan perjalanan otoritas AS.

Imbauan perjalanan level 3 ini mulai diberlakukan AS sejak Senin (27/1) waktu setempat.

Pekan lalu, otoritas AS merilis imbauan perjalanan level 4 'jangan bepergian' untuk Provinsi Hubei, yang menjadi pusat wabah virus corona. Diketahui bahwa kota Wuhan -- asal muasal virus corona -- terletak di Provinsi Hubei.

Departemen Luar Negeri AS juga tengah mengatur penerbangan untuk staf-staf diplomatik dan warga AS yang akan dievakuasi dari Wuhan. Rencananya mereka akan diterbangkan ke California.

"Pada 23 Januari 2020, Departemen Luar Negeri AS memerintahkan evakuasi seluruh personel non-darurat AS dan anggota keluarga mereka. Pemerintah AS memiliki kemampuan terbatas untuk memberikan layanan darurat bagi warga AS di Provinsi Hubei," demikian pernyataan Departemen Luar Negeri AS, pekan lalu.

Waspada Virus Corona, Tiongkok Karantina 234 WNI:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT