Pesawat Jatuh dan Terbakar di Afghanistan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 18:03 WIB
Ilustrasi pesawat
Foto: Ilustrasi pesawat (iStock)
Kabul -

Sebuah pesawat jatuh dan terbakar di provinsi Ghazni, Afghanistan timur. Belum diketahui berapa jumlah penumpang dan kru pesawat tersebut.

"Pada sekitar pukul 13.10, sebuah pesawat jatuh di distrik Deh Yak, provinsi Ghazni. Pesawat itu terbakar dan warga desa tengah berupaya memadamkannya. Kami belum tahu apakah itu pesawat militer atau komersial," kata juru bicara gubernur Ghazni, Aref Noori, seperti dikutip kantor berita AFP, Senin (27/1/2020).

Sebagian besar wilayah pedesaan di provinsi Ghazni dikuasai atau berada di bawah pengaruh kelompok militan Taliban sehingga menyebabkan akses ke wilayah tersebut sulit bagi para pejabat Afghanistan.


Juru bicara kepolisian di provinsi tersebut juga mengonfirmasi peristiwa tersebut, namun dia juga tak tak bisa mengidentifikasi pesawat tersebut. Belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat.

Media sosial diramaikan dengan rumor bahwa pesawat tersebut adalah milik maskapai negara, Ariana Afghan Airlines. Namun pihak maskapai membantahnya.

Kecelakaan yang melibatkan penerbangan militer, khususnya helikopter, adalah hal biasa di Afghanistan akibat cuaca buruk dan kondisi pesawat yang menua.

Terakhir kali pesawat sipil jatuh pada Mei 2010 lalu, ketika pesawat tua milik Pamir Airways jatuh saat cuaca buruk dalam penerbangan dari provinsi Kunduz, Afghanistan utara menuju Kabul, ibu kota Afghanistan. Pesawat itu mengangkut 38 penumpang dan 6 kru saat jatuh di tepi pegunungan sekitar 20 kilometer dari Kabul.

(ita/ita)