Serangan Roket Kembali Menghantam di Dekat Kedubes AS di Baghdad

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 01:32 WIB
Tentara Irak berjaga di kompleks Kedubes AS di Baghdad (Foto: AP Photo/Nasser Nasser)
Baghdad -

Serangan roket kembali terjadi di dekat Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Baghdad, Irak. Serangan ini merupakan ke sekian kalinya kawasan itu dihantam roket.

Dilansir dari AFP, Minggu (26/1/2020), terdengar suara keras yang berasal dari tepi barat Tigris, tempat kedutaan besar AS dan sebagian besar misi diplomatik asing lainnya berada.

Satu sumber keamanan mengatakan tiga roket Katyusha menghantam dekat kompleks keamanan tinggi. Sementara sumber lain mengatakan sebanyak lima roket menghantam daerah itu.

Kemudian pasukan keamanan Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa lima roket menghantam Zona Hijau dengan keamanan tinggi tanpa korban. Namun, mereka tidak menyebutkan Kedutaan AS.

Tembakan roket itu terjadi dua hari setelah ribuan orang berkumpul di Baghdad sebagai tanggapan atas seruan ulama populis Moqtada Sadr untuk sebuah unjuk rasa menuntut penggulingan pasukan AS dari Irak.

Kehadiran militer AS memang menjadi isu penting di Irak sejak serangan yang menewaskan Jenderal Iran Qasem Soleimani dan seorang komandan penting Irak di luar Bandara Baghdad pada 3 Januari lalu.

Tonton juga video Jelang Sidang Pemakzulan, Trump Malah Terbang ke Swiss:

[Gambas:Video 20detik]

(mae/dwia)