Korban Tewas Gempa Turki Jadi 21 Orang, Lebih dari 1.000 Lainnya Luka-luka

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 16:21 WIB
Gempa berkekuatan Magnitudo 6,8 di Turki merobohkan puluhan gedung (IHA via AP)
Ankara -

Korban tewas akibat gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 6,8 di Sivrice, Turki bagian timur, bertambah menjadi 21 orang. Lebih dari 1.000 orang mengalami luka-luka dalam gempa yang merobohkan gedung-gedung setempat ini.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Sabtu (25/1/2020), sedikitnya 30 orang dilaporkan masih hilang sejak gempa mengguncang pada Jumat (24/1) malam waktu setempat. Gempa ini berpusat di dekat Sivrice, sebuah kota kecil di Provinsi Elazig yang berjarak 565 kilometer dari ibu kota Ankara.

"Tidak ada yang terjebak di bawah reruntuhan di Malatya, tapi di Elazig upaya pencarian dan penyelamat masih berlangsung untuk mencari 30 orang," sebut Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyatakan seluruh langkah akan diambil untuk membantu orang-orang yang terdampak gempa bumi ini. "Kami berdiri bersama rakyat kami," ucap Erdogan dalam pernyataan via Twitter.

Badan Penanggulangan Bencana dan Situasi Darurat Turki (AFAD) melaporkan bahwa gempa itu mengguncang pada Jumat (24/1) malam, sekitar pukul 20.55 waktu setempat. Menurut AFAD, pusat gempa ada di darat dengan kedalaman 6,7 kilometer dari permukaan Bumi, tepatnya di dekat Sivrice.

AFAD juga menyebut gempa itu diikuti oleh 228 gempa susulan, dengan yang terkuat berkekuatan M 5,4 dan M 5,1.

Selanjutnya
Halaman
1 2