Virus Corona, China Tutup Transportasi di 13 Kota, 41 Juta Orang Terdampak

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 17:15 WIB
Foto: Antara Foto/Fikri Yusuf
Beijing -

Pemerintah China menambah empat kota lagi ke dalam daftar larangan transportasi publik di sekitar pusat virus corona atau coronavirus. Larangan ini membatasi pergerakan sekitar 41 juta orang di 13 kota seiring otoritas China berjuang mengendalikan wabah mematikan ini.

Para pejabat di kota Xianning, Xiaogan, Enshi dan Zhijiang -- semuanya berlokasi di provinsi Hubei, tempat virus ini pertama kali muncul -- menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (24/1/2020), bahwa layanan transportasi umum termasuk bus dan stasiun kereta akan ditutup. Keempat kota itu menambah panjang daftar kota-kota yang menerapkan pembatasan bepergian sebagai upaya untuk mengendalikan penyebaran wabah virus corona baru yang telah menjangkiti lebih dari 800 orang.


Virus ini pertama kali muncul di kota Wuhan, ibu kota provinsi Hubei, di mana pasar hewan hidup dan ikan telah diidentifikasi sebagai asal-muasal wabah ini. Sejauh ini, coronavirus telah menewaskan 26 orang di China, dan telah menimbulkan kekhawatiran global karena kemiripannya dengan wabah SARS (Sindrom Pernapasan Akut Parah). Wabah SARS menewaskan hampir 650 orang di China daratan dan Hong Kong pada tahun 2002-2003 silam.

Untuk mencegah penyebaran wabah ini, Zhijiang, kota berpenduduk sekitar 550 ribu orang, mengumumkan penutupan tempat-tempat usaha dengan beberapa pengecualian seperti apotek. Sedangkan Enshi, kota dengan penduduk 800 ribu jiwa, telah menutup semua tempat hiburan.

Yuk Kenali Gejala Awal Virus Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2