Kutipan Senator Republik Jadi 'Senjata' Demokrat Makzulkan Trump

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 04:36 WIB
Foto: DW (News)
Washington DC -

Sidang pemakzulan Presiden AS Donald Trump kembali dilanjutkan. Dalam sesi kedua sidang ini, tim manajer pemakzulan Trump memutar video Senator Republik Lindsey Graham saat menjadi manajer DPR dalam persidangan pemakzulan mantan Presiden AS Bill Clinton.

Dilansir CNN, Jumat (24/1/2020). Manajer DPR AS yang juga tim pemakzulan Trump Jerry Nadler memutar audio pernyataan Lindsey dan menggunakan kutipan Lindsey untuk memakzulkan Trump. Dalam audio itu, Lindsey mempersoalkan analisisnya tentang tindakan 'kejahatan tinggi' atau 'high crimes'.

"Saya pikir itulah yang mereka maksudkan dengan kejahatan tinggi, bahkan tidak harus menjadi kejahatan. Hanya ketika Anda mulai menggunakan kantor Anda, kemudian Anda melakukan tindakan yang menyakiti orang," kata Lindsey pada tahun 1999 ketika ia menjabat sebagai seorang manajer DPR dalam persidangan Bill Clinton.

Dilaporkan oleh Reporter CNN, di ruang sidang memang tidak ada Lindsey saat audio itu diputar. Namun, terlihat beberapa senator dari Partai Republik melemparkan senyuman kecut saat audio itu diputar. Ketika Lindsey kembali ke ruang sidang, beberapa senator terlihat berbisik kepadanya dan menceritakan apa yang telah terjadi.

Tindakan Partai Demokrat yang kerap mengutip pernyataan Senator Republik dinilai menjadi strategi dalam proses pemakzulan Trump ini.

(zap/zap)