Selain China, Ini Daftar Negara yang Terjangkit Virus Corona

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 01:26 WIB
Foto ilustrasi virus corona mendunia: Fuad H
Jakarta -

Virus Corona telah merenggut 17 nyawa sejak muncul pada 31 Desember 2019 di sebuah pasar di kota Wuhan, China. Virus ini sudah melebar ke beberapa negara di belahan dunia. Negara mana saja?

Dilansir AFP, Jumat (24/1/2020). Berikut adalah daftar negara yang sejauh ini mengkonfirmasi kasus virus corona:

1. China

Mulai hari Kamis, lebih dari 570 orang di China terkena virus Corona. Rata-rata mereka yang terkena virus ini tinggal di Kota Wuhan.
Ilmuwan Hong Kong dan Inggris memperkirakan antara 1.300 dan 1.700 orang di kota itu mungkin telah terinfeksi.

Kota Makau, telah mengkonfirmasi dua kasus. Yang pertama adalah seorang pengusaha wanita berusia 52 tahun dari Wuhan yang tiba di Makau dengan kereta api cepat pada hari Minggu, melalui Zhuhai.

2. Hong Kong

dua orang dinyatakan positif terkena virus Corona di Hong Kong. Keduanya terjangkit setelah beberapa hari tinggal di Wuhan, China. Saat ini keduanya diisolasi di rumah sakit.

3. Jepang

Pada 16 Januari, Menkes Jepang mengkonfirmasi kasus pertamanya dengan virus Corona adalah seorang pria yang telah mengunjungi Wuhan dan dirawat di rumah sakit pada 10 Januari, empat hari kemudian kembali ke Jepang.



4. Singapore
Singapura Kamis (23/1) mengkonfirmasi warganya yang berusia 66 tahun terjangkit virus Corona setelah dari Wuhan. Dia dan keluarganya tiba di Singapura pada Senin (20/1) lalu.

5. Korea Selatan

Korea Selatan melaporkan kasus pertamanya yaitu pada 20 Januari 2020. Saat itu wanita berusia 35 tahun terkena virus ini setelah tiba dari Wuhan.

6. Taiwan

Pada 22 Januari, pihak berwenang Taiwan mengkonfirmasi kasus pertama adalah seorang wanita Taiwan berusia sekitar 50 tahun, tinggal di Wuhan, yang kembali ke pulang ke salah satu pulau di Taiwan pada hari Senin (20/1) dengan gejala termasuk demam, batuk dan sakit tenggorokan.

7. Thailand

Thailand sudah menangani dua kasus, yaitu kasus pertama seorang wanita China berusia 74 tahun, yang dirawat di rumah sakit setelah mengalami gejala di bandara terbesar Thailand Suvarnabhumi pada 13 Januari 2020.

Kasus kedua, pada 8 Januari, seorang turis Tiongkok didiagnosis menderita pneumonia ringan yang kemudian dikonfirmasi disebabkan oleh virus corona.

8. Amerika Serikat (US)

Pada 21 Januari, AS mengumumkan kasus pertamanya - seorang pria berusia sekitar 30 tahun yang tinggal di dekat Seattle. Para pejabat mengatakan dia dalam kondisi baik. Namun pihak berwenang di AS sendiri setelah membaca tentang virus dalam laporan berita, dimana gejala-gejala yang ditimbulkan pria itu mirip dengan virus Corona.

9. Vietnam

Sejauh ini dua kasus telah dikonfirmasi di Vietnam. Kasus pertama, seorang pria China yang tinggal di Kota Ho Chi Minh, yang terinfeksi oleh ayahnya yang melakukan perjalanan ke Vietnam pada 13 Januari dari kota Wuhan di China.

(zap/zap)