Perawat Asal India Positif Terkena Virus Corona di Arab Saudi

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 00:40 WIB
Foto ilustrasi warga pakai masker hindari virus corona: AP Photo
Jakarta -

Perawat India yang bekerja di Arab Saudi dinyatakan positif mengidap virus virus Corona. Perawat itu terinfeksi melalui rekan kerjanya yang berasal dari Filipina.

DIlansir AFP, Jumat (24/1/2020), laporan media India mengatakan bahwa perawat itu mungkin tertular virus ketika merawat seorang rekan dari Filipina yang dites positif. Namun, hingga kini baik Riyadh maupun Delhi tidak melaporkan kasus virus di negara masing-masing.

"Sekitar 100 perawat India bekerja di rumah sakit Al-Hayat telah diuji dan tidak ada, kecuali satu perawat ditemukan terinfeksi oleh virus Corona," kata Menlu India, V. Muraleedharan dalam akun Twitternya.

Saat ini perawat yang terjangkit virus Corona langsung dilarikan ke rumah sakit Aseer. Kondisinya saat ini dikabarkan membaik.

"Perawat yang terkena virus Corona sedang dirawat di Rumah Sakit Nasional Aseer (Arab Saudi) dan sudah pulih dengan baik," ucap Muraleedharan.

Muraleedharan mengkonfirmasi kepada AFP bahwa itu adalah virus pernapasan yang sama yang telah merenggut 17 nyawa sejak muncul di Wuhan, China, yang telah menginfeksi lebih dari 570 orang lainnya di seluruh negeri.

Virus itu sudah terdeteksi di beberapa negara, yakni Jepang, Hong Kong, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Vietnam, Singapura dan Amerika Serikat.

(zap/aik)