China Tutup 2 Kota Untuk Kendalikan Wabah Virus Corona

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 17:46 WIB
Foto: AFP/STR
Beijing -

Penularan virus Corona baru atau Coronavirus terus meningkat di China. Untuk mengendalikan wabah yang telah menyebar ke negara-negara lain ini, otoritas China menutup atau mengisolasi dua kota besar di sebuah provinsi yang menjadi pusat wabah virus mematikan ini. Dengan penutupan ini, pesawat dan kereta api dilarang meninggalkan kedua kota tersebut dalam langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Virus pernapasan ini, sejauh ini telah menewaskan 17 orang di China sejak pertama kali muncul dari sebuah pasar hewan dan seafood di kota Wuhan. Seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (23/1/2020), warga di Wuhan, kota pelabuhan besar di provinsi Hubei dengan populasi sekitar 11 juta jiwa itu, pada Kamis (23/1) ini diperintahkan untuk tidak meninggalkan kota tersebut "tanpa alasan khusus."

Perintah itu didukung dengan penutupan transportasi. Kereta dan pesawat yang keluar dari Wuhan tak beroperasi hingga waktu yang belum ditentukan. Jalan-jalan tol menuju keluar kota juga telah ditutup.

Beberapa jam kemudian, otoritas di kota tetangga Wuhan, Huanggang mengumumkan bahwa transportasi publik dan layanan kereta akan dihentikan sementara pada tengah malam waktu setempat. Warga juga diperintahkan untuk tidak meninggalkan kota berpenduduk sekitar 7,5 juta jiwa itu.

Simak Video "Kemenkes RI Siagakan 19 Daerah Waspada Virus Corona"


Selanjutnya
Halaman
1 2