Aniaya PRT Indonesia, Pria Singapura Divonis 4 Bulan Penjara

nvc - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 16:34 WIB
Ilustrasi (Thinkstock)
Singapura -

Seorang pria di Singapura dijatuhi hukuman empat bulan penjara karena menganiaya pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia yang bekerja untuknya. Pria ini menampar, menendang dan memukul kepala PRT Indonesia itu selama hampir setahun.

Seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (23/1/2020), pria bernama Yusni Yunos (46) yang bekerja sebagai teknisi pesawat itu dinyatakan bersalah atas dakwaan secara sengaja menyebabkan luka-luka. Oleh pengadilan Singapura, dia divonis empat bulan penjara dalam persidangan yang digelar pada Kamis (23/1) waktu setempat.

Yusni juga diperintahkan untuk membayar kompensasi kepada korban sebesar SG$ 1.500 atau sekitar Rp 15 juta.

PRT yang menjadi korban penganiayaan diidentifikasi bernama Nenti Rusnianti (27). Nenti dilaporkan bekerja pada Yusni antara 13 Januari 2017 hingga 27 Agustus 2018. Dia ditugaskan untuk mengasuh tiga anak majikannya dan melakukan pekerjaan rumah tangga.

Diungkapkan dalam sidang bahwa Yusni merasa Nenti 'tidak kompeten dalam pekerjaannya dan membuat masalah untuknya' saat memasuki bulan kedua Nenti bekerja padanya. Yusni pun mulai memanggil Nenti dengan sebutan 'bodoh' dan memarahinya dalam bahasa Melayu.

Yusni mulai menganiaya Nenti secara fisik sejak April 2017. Pada satu kesempatan, Yusni dengan sengaja menendang Nenti di bagian lutut sebelum akhirnya meminta maaf dan mengakui hal itu tidak sengaja. Tendangan itu memicu luka memar di lutut Nenti.

Selanjutnya
Halaman
1 2