Seorang Mahasiswa Iran Dilarang Masuk ke AS dan Dipulangkan

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 10:01 WIB
Ilustrasi (REUTERS/Mike Segar)
Boston -

Seorang mahasiswa asal Iran dilarang masuk ke wilayah Amerika Serikat (AS) untuk melanjutkan kuliahnya di Boston. Hal ini memicu kecurigaan apakah insiden mahasiswa Iran ini masih berkaitan dengan ketegangan yang tengah memuncak antara AS dan Iran.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (23/1/2020), Shahab Dehghani yang berusia 24 tahun ini merupakan mahasiswa jurusan ekonomi pada Northeastern University di Boston, Massachusetts. Dia kembali ke AS untuk melanjutkan kuliahnya.

Namun saat Dehghani tiba di AS dengan visa mahasiswa yang sah, dia malah ditahan selama berjam-jam oleh Patroli Bea Cukai dan Perbatasan (CBP) AS di Bandara Internasional Logan di Massachusetts pada Selasa (21/1) waktu setempat. Dia juga akhirnya diperintahkan untuk segera kembali ke negara asalnya.

Dehghani yang memiliki nama lengkap Mohammad Shahab Dehghani Hossein Abadi ini, kemudian diterbangkan pulang ke Iran dengan penerbangan selanjutnya.

Otoritas CBP di Bandara Logan menyebut pemuda Iran itu berniat tinggal di wilayah AS lebih lama dari yang diizinkan visa mahasiswa yang dimilikinya.

Kelompok HAM setempat mengecam keputusan otoritas CBP tersebut dalam melarang Dehghani masuk ke wilayah AS untuk melanjutkan kuliahnya. Direktur Legal pada Serikat Kebebasan Sipil Amerika Serikat (ACLU), Matthew Segal, menuturkan kepada Associated Press bahwa petugas CBP memberikan dokumen-dokumen kepada Dehghani yang menunjukkan ada sejumlah keraguan bahwa dia sungguh-sungguh seorang mahasiswa.

Simak Juga Video "Wamenhan Ingin Industri Pertahanan Indonesia Seperti DARPA di AS"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2