PM Kanada Bantah Bicara ke Ratu soal Biaya Keamanan Harry-Meghan

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 02:41 WIB
Foto: Justin Trudeau (Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)
Montreal -

PM Kanada Justin Trudeau membantah telah berbicara 'langsung' dengan Ratu Elizabeth II tentang biaya keamanan untuk Pangeran Harry, Meghan Markle dan anak mereka. Harry dan Meghan saat ini berada di Kanada.

Dikutip dari AFP, Kamis (23/1/2020), media Inggris melaporkan kalau Trudeau menjanjikan Ratu bahwa Kanada bakal menanggung biaya perlindungan Harry dan Meghan. Mereka saat ini tinggal di dekat kota Vancouver.

"Saya tidak berbicara kepada Yang Mulia secara langsung. Diskusi terus berlangsung dan saya tidak punya update untuk saat ini," kata Trudeau dalam konferensi pers pada Selasa.

Media Kanada menghitung biaya perlindungan bagi Harry dan Meghan beserta putra mereka yang berusia 8 bulan, Archie, sekitar 1,7 juta Dolar Kanada atau 1,3 juta Dolar AS setahun. Ada juga yang menaksir dengan angka lebih tinggi.

Harry kembali ke Kanada pada Senin malam untuk memulai kehidupan baru yang jauh dari kerajaan Inggris, dengan istri dan putranya, di sebuah rumah besar di Pulau Vancouver di pantai Pasifik Kanada.

Sementara itu, Ratu telah memberikan restunya atas keputusan itu. Dia mengatakan mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk hidup lebih mandiri. Gelar kerajaan mereka juga telah diserahkan dan akan berhenti menerima dana publik.

Pertanyaan tentang siapa yang akan bertanggung jawab soal biaya keamanan mereka di Kanada belum terpecahkan.

Menurut media Inggris, Harry dan Meghan telah mengancam akan mengambil tindakan hukum setelah tabloid-tabloid menerbitkan foto-foto Meghan dan Archie di Kanada. Mereka mengeluh bahwa paparazzi dengan kamera berlensa jarak jauh dipasang secara permanen di Pulau Vancouver untuk memata-matai mereka.

(gbr/eva)