Ekaterini Sakellaropoulou Terpilih Jadi Presiden Perempuan Pertama Yunani

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 18:02 WIB
Ekaterini Sakellaropoulou mencetak sejarah menjadi presiden wanita pertama di Yunani (Vassilis Rempapis/Eurokinissi/AFP)
Athena -

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Yunani memiliki presiden perempuan. Parlemen Yunani memilih Ekaterini Sakellaropoulou, seorang hakim senior yang sangat berpengalaman dalam isu lingkungan dan hukum konstitusional, sebagai presiden baru Yunani.

Seperti dilansir AFP, Rabu (22/1/2020), Sakellaropoulou yang berusia 63 tahun ini terpilih menjadi presiden baru Yunani dalam voting yang digelar parlemen pada Rabu (22/1) waktu setempat. Mayoritas 261 suara dari total 294 anggota parlemen mendukung Sakellaropoulou.

"Ekaterini Sakellaropoulou telah terpilih sebagai presiden republik ini," tegas Ketua Parlemen Yunani, Costas Tassoulas, dalam pernyataannya.

Sakellaropoulou akan diambil sumpahnya sebagai Presiden Yunani pada 13 Maret mendatang. Dia akan menjabat selama lima tahun ke depan. Sakellaropoulou menggantikan Prokopis Pavlopoulos yang masa jabatan lima tahunnya akan berakhir pada Maret nanti.

Perdana Menteri (PM) Yunani, Kyriakos Mitsotakis, yang secara pribadi mencalonkan Sakellaropoulou, memujinya sebagai sosok hakim yang 'luar biasa' yang pencalonannya 'menyatukan seluruh warga Yunani'.

Diketahui bahwa Sakellaropoulou sebelumnya menjabat Ketua Dewan Negara, yang merupakan pengadilan administrasi tinggi Yunani. Dia mencetak sejarah sebagai wanita pertama yang memimpin Dewan Negara.

Selanjutnya
Halaman
1 2