Malaysia Kirim Balik 150 Kontainer Sampah ke 13 Negara

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 16:41 WIB
Menteri Lingkungan Malaysia Yeo Bee Yin saat menginspeksi kontainer-kontainer yang berisi sampah plastik (AP Photo/Vincent Thian)
Kuala Lumpur - Otoritas Malaysia telah mengirimkan balik 150 kontainer sampah plastik ke 13 negara kaya sejak kuartal ketiga tahun 2019 lalu. Menteri Lingkungan Malaysia, Yeo Bee Yin, memperingatkan negara-negara dunia bahwa Malaysia menolak untuk menjadi tempat pembuangan sampah dunia.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (20/1/2020), pengiriman sampah-sampah tak diinginkan, yang kebanyakan dari negara maju, dialihkan ke kawasan Asia Tenggara sejak China menetapkan larangan impor sampah plastik tahun 2018. Negara-negara Asia Tenggara melakukan perlawanan.

Dalam pernyataannya, Yeo menyebut 110 kontainer sampah lainnya diharapkan akan dikirimkan kembali ke negara-negara asalnya pada pertengahan tahun ini.


Yeo menyebutkan bahwa pengembalian 3.737 ton kubik sampah ini menindaklanjuti penegakan hukum yang ketat di pelabuhan-pelabuhan Malaysia untuk mencegah penyelundupan sampah dan menutup lebih dari 200 pabrik daur ulang sampah plastik ilegal.

Dari 150 kontainer sampah yang telah dikembalikan Malaysia, sebanyak 43 kontainer dikembalikan ke Prancis, 42 kontainer ke Inggris, 17 kontainer ke Amerika Serikat (AS), 11 kontainer ke Kanada, 10 kontainer ke Spanyol dan sisanya ke Hong Kong, Jepang, Singapura, Portugal, China, Bangladesh, Sri Lanka dan Lithuania.

Ditambahkan Yeo bahwa pemerintah Malaysia tidak membayar sama sekali, karena biaya pengiriman sampah itu ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan perlayaran dan perusahaan yang bertanggung jawab atas aktivitas impor-ekspor sampah.



Simak Juga Video "Malaysia Tutup Pintu Impor Sampah Plastik"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2