Menlu Korea Utara Ri Yong Ho Dicopot dari Jabatannya

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 14:34 WIB
Ri Yong Ho dalam foto tahun 2018 saat bertemu Menlu Iran Mohammad Javad Zarif di Teheran (AFP)
Pyongyang - Menteri Luar Negeri (Menlu) Korea Utara (Korut), Ri Yong Ho, dicopot dari jabatannya. Sosok Ri Yong Ho selalu mendampingi pemimpin Korut, Kim Jong-Un, dalam berbagai pertemuan bersejarah dengan sejumlah kepala negara, termasuk dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dua tahun lalu.

Seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Senin (20/1/2020), laporan soal pencopotan Ri Yong Ho ini disampaikan oleh situasi pemantau isu Korut, NK News, pada akhir pekan lalu. Dalam laporannya, NK News mengutip sejumlah sumber di Pyongyang yang telah mengonfirmasi pencopotan Ri Yong Ho dari jabatannya.

Pencopotan Ri Yong Ho ini disebut sebagai bagian dari perombakan politik besar-besaran yang bisa berdampak signifikan pada posisi diplomatik Korut di masa depan. Dilaporkan bahwa perombakan dilakukan tidak hanya pada jajaran kabinet pemerintahan Korut, melainkan juga pada jajaran militer Korut.

Ri Yong Ho diketahui telah menjabat sebagai Menlu Korut sejak tahun 2016 lalu, setelah berkarier di bidang urusan luar negeri selama 38 tahun. Dia kuliah di Universitas Bahasa Asing yang bergengsi di Pyongyang, lalu sempat menjabat sebagai Duta Besar Korut di London dan menjabat Wakil Menteri Korut antara tahun 2003-2007 lalu.


Saat menjabat Wakil Menlu Korut, Ri Yong Ho mewakili Korut dalam perundingan multinasional yang bersejarah, yang fokus pada program nuklir Korut.

Ri Yong Ho menjabat Menlu Korut saat masa-masa strategi diplomatik Korut yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ri Yong Ho mendampingi Kim Jong-Un dalam pertemuan bersejarah dengan pemimpin AS, Korea Selatan (Korsel), Rusia, China dan Kuba dalam dua tahun terakhir.

Semasa menjabat Menlu, Ri Yong Ho juga bertindak sebagai salah satu juru bicara Korut sepanjang waktu, terutama saat konferensi pers besar usai gagalnya tercapai kesepakatan antara Korut dan AS dalam pertemuan kedua di Hanoi, Vietnam, tahun lalu.


Tonton juga Menlu Jepang Coba MRT Jakarta :


Selanjutnya
Halaman
1 2