Mereka yang Kehilangan Gelar Kerajaan seperti Seperti Harry-Meghan Markle

Andhika Prasetia - detikNews
Minggu, 19 Jan 2020 12:34 WIB
Pangeran Harry dan Meghan Markle. (Foto: DANIEL LEAL-OLIVAS - WPA Pool/Getty Images)
London - Keluarnya Pangeran Harry dan Meghan Markle dari anggota Kerajaan Inggris berujung pencopotan gelar bangsawan yang disematkan kepada mereka. Selain keduanya, ada beberapa nama lainnya yang kehilangan gelar dari kerajaan.

Pencopotan gelar Harry dan Meghan diumumkan Istana Buckingham lewat pernyataan resmi yang dirilis, Sabtu (18/1). Istana mengatakan Ratu Elizabeth II merestui keputusan Harry dan Meghan yang ingin melanjutkan hidup mereka secara mandiri dan lepas dari status anggota senior keluarga Kerajaan. Namun konsekuensinya, mereka harus merelakan gelar His Royal Highness dan Her Royal Highness.

"The Sussexes tidak akan memakai gelar HRH sebagaimana mereka tidak lagi mengabdi sebagai anggota keluarga Kerajaan," demikian bunyi pernyataan tersebut seperti dikutip AFP.

Meski kehilangan gelar kerajaannya, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tetap dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex. Harry juga masih berada di urutan keenam pewaris takhta Kerajaan Inggris.

Ini bukan kali pertama sebuah kerajaan mencopot gelar bagi anggota atau mantan anggotanya. Siapa saja mereka yang mengalami hal serupa?
Selanjutnya
Halaman
1 2