ADVERTISEMENT

Komandan Iran Salahkan AS Atas Salah Tembak Pesawat Sipil Ukraina

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 13:51 WIB
Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh (Office of the Iranian Supreme Leader via AP)

Ditegaskan Hajizadeh bahwa serangan terhadap AS akan terus berlanjut. "Tentu saja pukulan beruntun ini akan berlanjut dan kita akan membalaskan darah para martir terhadap mereka (AS-red)," tegasnya.

Lebih lanjut, Hajizadeh mengungkapkan alasan Iran tidak segera mengaku bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat maskapai Ukraina. Diketahui bahwa Iran saat itu bersikeras menyangkal setelah negara-negara Barat, termasuk Kanada dan AS, mengungkapkan indikasi bahwa pesawat penumpang itu ditembak jatuh oleh rudal.

"Ini (tidak mengakui pesawat ditembak jatuh rudal Iran-red) demi kemajuan keamanan negara kita, karena jika kita mengungkapkan ini maka sistem pertahanan udara kita akan menjadi lumpuh dan orang-orang kita akan meragukan semuanya," ungkapnya.


Terkait kesalahan fatal Garda Revolusi Iran yang menembak jatuh pesawat maskapai Ukraina, Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan semua pihak yang bersalah dan lalai akan dihukum. Rouhani bahkan menyerukan dibentuknya pengadilan khusus untuk menyelidiki dan mengadili para tersangka dalam kejadian tragis itu.

(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT