Bukan Satu, Tapi Ada Dua Rudal yang Ditembakkan Iran ke Pesawat Ukraina!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 12:23 WIB
Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi


Menurut Times, rekaman itu diambil dari atap sebuah gedung di Bidkaneh, sebuah desa yang berjarak empat mil dari sebuah lokasi militer Iran. Sebelumnya, Amir Ali Hajizadeh, komandan unit dirgantara Garda Revolusi Iran mengatakan bahwa rudal itu ditembakkan dari sebuah pangkalan militer dekat situ.

Sebelumnya, militer Iran mengeluarkan pernyataan berisi pengakuan bahwa pihaknya telah secara tak sengaja menembak jatuh pesawat sipil Ukraina yang menewaskan keseluruhan 176 penumpang dan kru tersebut. Pengakuan ini disampaikan setelah pemerintah Iran selama tiga hari, berulangkali menolak kecurigaan bahwa pesawat itu tertembak jatuh.



Seorang pejabat Iran menyebut "tuduhan" itu sebagai "absurd dan secara ilmu pengetahuan tidak mungkin" terjadi. Militer dan jajaran pemerintahan mengatakan pesawat itu jatuh "karena kesalahan teknis" setelah sebelumnya terjadi kebakaran di dalam pesawat.

Namun kecurigaan makin besar, setelah Iran menemukan kotak hitam namun menolak menolak pemeriksaan oleh pihak asing. Iran kemudian mengklaim kotak hitam itu "mengalami kerusakan teknis" dan "sebagian data-data musnah".

Tonton Juga: Irak Tangkap Sejumlah Orang Terkait Penembakan Pesawat Ukraina

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(ita/ita)