Iran Peringatkan Dubes Inggris soal Intervensi Pasca Penangkapannya

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 04:41 WIB
Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi
Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi
Jakarta - Iran memberikan sinyal bahwa mereka dapat mengusir Duta Besar Inggris untuk Teheran, Iran, Rob Macaire jika mengintervensi urusannya. Ancaman itu disampaikan pasca Macaire diduga terlibat dalam aksi unjuk rasa di Iran terkait dirudalnya pesawat maskapai Ukraina.

"Republik Islam menyerukan penghentian segera semua intervensi dan provokasi oleh kedutaan Inggris," kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP, Selasa (14/1/2020).

Dia memperingatkan bahwa pihaknya dapat memanggil Macaire. Pernyataan ini disampaikan setelah Inggris memanggil Duta Besar Iran di London, untuk mengajukan keberatan terhadap penangkapan Macaire.



"Tidak akan terbatas pada memanggil duta besar (untuk kementerian) jika sikap ini tetap ada," ujarnya.

Macaire ditangkap pada Sabtu malam saat protes terhadap pemerintah Iran berlangsung. Iran memanggil Macaire pada hari Minggu untuk mepertanyakan kehadirannya dalam pertemuan ilegal dan menuntut adanya penjelasan dari London.



Macaire menyebut, dirinya menghadiri sebuah acara terhadap peringatan 176 orang yang meninggal akibat kekeliruan Iran saat menjatuhkan pesawat Ukraina. Serta meninggalkan lokasi ketika orang-orang melakukan aksinya.

"Dapat saya konfirmasi bahwa saya tidak ikut serta dalam demonstrasi apa pun! Pergi ke sebuah acara yang diiklankan sebagai peringatan bagi para korban tragedi #PS752," kata Rob melalui akun Twitternya, beberapa saat setelah ia dibebaskan.



Tonton video Penembakan Pesawat Ukraina Alihkan Kemarahan Warga Iran:

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/mae)