Ratu Elizabeth Izinkan Harry dan Meghan Markle untuk Tinggal di Kanada

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 01:46 WIB
Ratu Elizabeth bersama Meghan dan Pangeran Harry (Foto: John Stillwell - WPA Pool/Getty Images)
Ratu Elizabeth bersama Meghan dan Pangeran Harry (Foto: John Stillwell - WPA Pool/Getty Images)
London - Ratu Elizabeth II mengizinkan Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle untuk tinggal paruh waktu di Kanada. Keputusan itu diambil sebagai bagian dari dukungan Ratu Elizabeth kepada Harry dan Meghan yang ingin hidup mandiri.

"Meskipun kami lebih suka mereka tetap menjadi anggota keluarga kerajaan yang bekerja full time, (tapi) kami menghormati dan memahami keinginan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri sebagai sebuah keluarga sambil tetap menjadi bagian yang berharga dari keluarga saya," kata Ratu Elizabeth yang dirilis melalui situs Kerajaan Inggris, Senin (13/1/2020) waktu setempat.

Izin itu diberikan setelah Ratu Elizabeth menggelar pertemuan khusus dengan keluarga kerajaan lainnya di tanah pribadi Sandringham di Inggris Timur. Ayah Pangeran Harry, Pangeran Charles dan kakaknya, Pangeran William juga hadir dalam pertemuan itu.



Ratu Elizabeth mengaku memahami dan mendukung penuh keputusan Harry dan Meghan. Dia mengatakan akan ada masa transisi di mana keduanya akan tinggal di Kanada dan juga di Inggris.

"Harry dan Meghan telah menjelaskan bahwa mereka tidak ingin bergantung pada dana publik dalam kehidupan baru mereka. Oleh karena itu telah disepakati bahwa akan ada periode transisi di mana Sussex akan menghabiskan waktu di Kanada dan Inggris," kata Ratu Elizabeth.

"Ini adalah masalah rumit yang harus diselesaikan keluarga saya, dan ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi saya telah meminta keputusan akhir untuk dicapai dalam beberapa hari mendatang," lanjutnya.



Keinginan untuk tinggal di Kanada itu sebelumnya disampaikan Harry dan Meghan saat mengumumkan mundur dari anggota kerajaan. Keduanya mengaku ingin tinggal di Kanada tempat Meghan tumbuh dan juga di Inggris.

"Kami sekarang berencana untuk menyeimbangkan waktu kami antara Inggris dan Amerika Utara. Geografis ini memungkinkan kami untuk membesarkan putra kami dengan penghargaan atas tradisi kerajaan tempat ia dilahirkan," tulis Sussex Royal, seperti dilihat detikcom, Kamis (9/1/2019).



Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur dari Keluarga Kerajaan:

[Gambas:Video 20detik]



(mae/dwia)