Gunung Taal di Filipina Erupsi, Warga Dievakuasi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 03:31 WIB
Erupsi Gunung Taal di Filipina (Foto: Bullit MARQUEZ / AFP)
Manila - Otoritas Filipina mengeluarkan peringatan pada Minggu (12/1) bahwa letusan eksplosif gunung berapi di selatan Manila akan segera terjadi. Beberapa jam setelahnya, gunung itu mengeluarkan kolom besar abu ke angkasa yang memaksa para pejabat menghentikan penerbangan di bandara utama di Manila sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Dilansir dari AFP, Senin (13/1/2020), ribuan orang yang tinggal di dekat gunung api Taal dievakuasi dari rumah mereka saat gunung itu memuntahkan abu, bergemuruh dengan gempa bumi dan kilat di atas puncaknya.


"Sebuah letusan berbahaya dapat terjadi dalam beberapa jam hingga beberapa hari," kata Badan Seismogis Filipina yang memberi peringatan ketika penduduk setempat mempertimbangkan apakah akan melarikan diri atau tidak.

"Saya khawatir itu akan meletus... tetapi saya akan menyerahkannya pada takdir. Saya hanya harus berdoa," kata pekerja hotel di dekat Gunung Taal, Eduardo Carino.

Setelah awan abu mencapai ketinggian 50.000 kaki (15.000 meter), pejabat penerbangan memerintahkan penangguhan penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Ninoy Aquino (NAIA), Manila.

Pihak berwenang awalnya menghentikan operasional di Bandara NAIA selama beberapa jam. Namun, pada hari Minggu diumumkan bahwa penerbangan akan ditangguhkan "sampai pemberitahuan lebih lanjut".

Selanjutnya
Halaman
1 2