Iran Ingin Tangani Sendiri Kotak Hitam Pesawat Maskapai Ukraina

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 19:28 WIB
Puing pesawat maskapai Ukraina yang jatuh di pinggiran Teheran, Iran (AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Teheran - Otoritas Iran menyatakan akan menangani sendiri kotak hitam pesawat maskapai Ukraina yang jatuh di wilayahnya. Iran juga menyebut penyelidikan terhadap kecelakaan ini bisa memakan waktu 1-2 tahun ke depan.

Seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Jumat (10/1/2020), otoritas Iran menyebut dibutuhkan waktu sedikitnya satu atau dua bulan untuk mengekstrak informasi dari rekaman suara dan rekaman data penerbangan yang ada pada pesawat jenis Boeing 737-800 itu.

Iran juga menyatakan pihaknya akan meminta bantuan Rusia, Kanada, Prancis atau Ukraina jika dibutuhkan.


Dalam pernyataan terbaru, otoritas Iran menyebut penyelidikan secara menyeluruh terhadap kecelakaan pesawat Ukraine International Airlines yang menewaskan 176 orang ini, bisa memakan waktu hingga setahun atau dua tahun ke depan.

"Kami memilih untuk mengunduh kotak hitam di Iran. Tapi jika kami melihat bahwa kami tidak bisa melakukan itu karena kotak hitamnya rusak, maka kami akan meminta bantuan," ucap Kepala Organisasi Penerbangan Sipil Iran, Ali Abedzadeh, dalam konferensi pers terbaru di Teheran.

Disebutkan Abedzadeh lebih lanjut bahwa pihaknya harus memeriksa seberapa besar kerusakan yang dialami kotak hitam pesawat.



Detik-Detik Pesawat Ukraina Diduga Terkena Rudal Iran:


Selanjutnya
Halaman
1 2