Pegawai Boeing Sembunyikan Masalah 737 MAX dari Otoritas Penerbangan AS

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 18:20 WIB
Puluhan pesawat Boeing 737 MAX yang di-grounded terparkir di Boeing Field di Seattle, Washington (REUTERS/Lindsey Wasson)
Washington DC - Beberapa pegawai Boeing disebut mengetahui adanya masalah pada simulator penerbangan pada pesawat 737 MAX yang kini di-grounded secara global. Dokumen-dokumen Boeing yang baru dirilis menunjukkan para pegawai berupaya menyembunyikan masalah itu dari otoritas penerbangan federal Amerika Serikat atau FAA.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (10/1/2020), pesan-pesan internal Boeing yang dirilis pada Kamis (9/1) waktu setempat, menunjukkan para pegawai Boeing membahas soal memperdaya FAA tentang masalah pada simulator penerbangan 737 MAX.

Dalam salah satu percakapan, seorang pegawai Boeing menuturkan kepada koleganya bahwa mereka tidak akan membiarkan keluarga mereka naik 737 MAX.


Boeing dalam pernyataannya menyebut pernyataan itu 'memicu pertanyaan soal interaksi-interaksi Boeing dengan FAA' dalam mendapatkan simulator memenuhi syarat. Namun Boeing menyatakan pihaknya yakin bahwa mesin simulator penerbangan itu berfungsi dengan layak.

"Komunikasi ini tidak mencerminkan bagaimana perusahaan kami dan komunikasi itu sepenuhnya tidak bisa diterima," tegas Boeing dalam pernyataannya.

Dalam pesan-pesan internal itu, para pegawai Boeing juga menggerutu soal manajemen senior Boeing, pemilihan pemasok berbujet rendah, menghambur-hamburkan uang dan soal pesawat tipe MAX.

"Pesawat ini dirancang oleh badut-badut yang diawasi oleh monyet-monyet," tulisan salah satu pegawai Boeing dalam pesan inetrnal.

Simak Video "Detik-Detik Pesawat Ukraina Diduga Terkena Rudal Iran"


Selanjutnya
Halaman
1 2