Jejak Penerbangan Pesawat Ukraina yang Jatuh di Iran

Indah Mutiara Kami - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 11:52 WIB
Foto: Penerbangan pesawat Ukraina yang jatuh di Iran (FlighRadar24)
Teheran - Pesawat maskapai Ukraina yang membawa 180 orang penumpang dan kru jatuh di Iran. Pesawat itu berhenti mengirimkan data usai lepas landas.

Seperti dilansir AP, Rabu (8/1/2020), data penerbangan dari bandara menunjukkan pesawat yang diterbangkan maskapai Ukrainne International Airlines itu lepas landas pada pagi hari. Berdasarkan FlightRadar24, pesawat berhenti mengirimkan data hanya sesaat setelah lepas landas.

"Setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini, pesawat itu jatuh di antara Parand dan Shahriar," kata juru bicara asosiasi penerbangan Iran, Reza Jafarzadeh.

"Tim investigasi dari departemen penerbangan nasional sudah dikirimkan ke lokasi," sambungnya.



Belum ada keterangan dari maskapai terkait insiden ini. Televisi nasional Iran menyatakan bahwa kecelakaan itu akibat masalah teknis.

Situs FlightRadar24 memperlihatkan bahwa pesawat itu lepas landas dari Teheran untuk menuju Kiev, Ukraina. Pesawat Boeing 737 itu seharusnya terbang dari Teheran pukul 05.15 pagi waktu setempat namun delay hingga pukul 06.12.



Berdasarkan data dari FlightRadar24, pesawat itu rutin menjalankan rute Teheran-Kiev. Sebelum hari ini, pesawat itu terbang pada tanggal 1-4 Januari dan 6 Januari 2020. (imk/tor)