Donald Trump: Iran Tak Akan Pernah Punya Senjata Nuklir!

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 05:46 WIB
Foto: Donald Trump (AP Photo/ Evan Vucci)
Washington - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali berbicara soal Iran dan senjata nuklir. Di tengah tensi panas usai tewasnya komandan terkemuka Iran, Trump menegaskan Iran tak akan diizinkan memiliki senjata nuklir.

"Iran tak akan mempunyai senjata nuklir!" kicau Trump di Twitter-nya seperti dikutip dari AFP, Selasa (7/1/2020).


Cuitan itu ditulis Trump dengan huruf kapital. Kicauan Trump itu muncul hanya sehari setelah Teheran mengumumkan semakin mengurangi kepatuhan atas bagian kesepakatan internasional untuk memastikan mereka tidak diam-diam mengembangkan senjata nuklir di bawah kedok industri nuklir sipilnya.

Trump menarik Amerika Serikat dari kesepakatan tahun 2015 yang dinegosiasikan pendahulunya, Barack Obama. Tahun laly, Iran melanjutkan pengayaan uranium, melaporkan peningkatan produksi 10 kali lipat.


Diberitakan sebelumnya, pemerintah Iran menegaskan pihaknya akan mengabaikan batasan pada jumlah sentrifugasi--proses memanfaatkan gaya sentrifugal untuk sedimentasi campuran--yang pernah dijanjikan untuk menghormati kesepakatan nuklir Iran.

"Program nuklir Iran tidak lagi menghadapi pembatasan apapun dalam operasionalnya," demikian pernyataan pemerintah Iran.

Ditegaskan pemerintah Iran bahwa tidak akan ada lagi pembatasan untuk kapasitas Iran dalam pengayaan uranium, level pengayaan yang dilakukan, jumlah bahan bakar yang dilibatkan dalam pengayaan dan bagi penelitian serta pengembangan lainnya.

"Mulai sekarang, program nuklir Iran akan berlanjut semata-mata berdasarkan kebutuhan teknis," imbuh pernyataan tersebut. (gbr/gbr)