Ratusan Ribu Pelayat Ikuti Prosesi Pemakaman Jenderal Iran di Berbagai Kota

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 15:31 WIB
Jenazah Mayor Jenderal Qasem Soleimani yang ditempatkan dalam peti dan diselimuti bendera Iran diarak di jalanan kota Ahvaz pada Minggu (5/1) waktu setempat (Alireza Mohammadi/ISNA via AP)

Khamenei telah bersumpah akan membalas kematian Soleimani. Dia juga menetapkan masa berkabung selama tiga hari untuk menghormati Soleimani.

Dalam aksi berkabung di Teheran pada Senin (6/1) pagi waktu setempat, para pelayat yang berpakaian serba hitam bergerak di sepanjang ruas jalan Enqelab -- ruas jalan utama di Teheran -- sambil membawa bendera Syiah warna merah dengan tulisan berwarna putih.

Salah satu pelayat membawa poster bertuliskan #hard_revenge. Para pelayat lainnya meneriakkan slogan berbunyi 'Matilah Amerika' dan 'Matilah Israel'. Selain bendera Iran, terdapat juga bendera Irak dan Lebanon yang dibawa para pelayat.


Proses pemakaman Soleimani digelar di Iran setelah jenazahnya tiba dari Irak pada akhir pekan. Jenazah Soleimani diarak dari kota Ahvaz menuju kota Mashhad. Garda Revolusi Iran menyatakan prosesi pemakaman pada Minggu (5/1) malam terpaksa dibatalkan karena membeludaknya para pelayat.

Arak-arakan jenazah Soleimani juga akan digelar di kota Qom dan Teheran pada Senin (6/1) waktu setempat. Rencananya, jenazah Soleimani akan dimakamkan di kota asalnya di Kerman pada Selasa (7/1) besok.


(nvc/haf)