Ratusan Ribu Pelayat Ikuti Prosesi Pemakaman Jenderal Iran di Berbagai Kota

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 15:31 WIB
Jenazah Mayor Jenderal Qasem Soleimani yang ditempatkan dalam peti dan diselimuti bendera Iran diarak di jalanan kota Ahvaz pada Minggu (5/1) waktu setempat (Alireza Mohammadi/ISNA via AP)
Teheran - Ratusan ribu orang memenuhi jalanan kota Teheran, Iran, untuk mengikuti prosesi pemakaman Komandan Pasukan Quds Garda Revolusi Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani, yang tewas dalam serangan Amerika Serikat (AS). Lautan manusia menyelimuti area sekitar Universitas Teheran yang menjadi lokasi prosesi.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Senin (6/1/2020), prosesi pemakaman Soleimani digelar di berbagai kota secara berurutan sejak akhir pekan. Para pelayat yang hadir tampak memegang foto Soleimani yang dianggap sebagai pahlawan tanpa pamrih oleh banyak warga Iran. Sebagai Komandan Pasukan Quds, Soleimani banyak memimpin dan mengawasi misi-misi Garda Revolusi Iran di luar negeri.

Laporan koresponden AFP di lokasi menyebut kerumunan massa berkumpul di sekitar Universitas Teheran pada Senin (6/1) waktu setempat. Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, hadir dalam prosesi ini untuk membacakan doa bagi jenazah Soleimani. Prosesi pemakaman Soleimani disiarkan langsung oleh televisi nasional Iran.


Foto-foto dari udara menunjukkan lautan manusia yang berpakaian serba hitam menyemut di sekitar lokasi. Di tengah suhu dingin, warga Iran baik pria dan wanita berjalan kaki bersama dari Alun-alun Enqelab-e-Eslami (Revolusi) menuju ke Universitas Teheran.

"Tumbanglah Amerika Serikat," demikian bunyi tulisan pada salah satu poster yang dibawa seorang wanita muda yang ikut proses ini.

Soleimani tewas dalam usia 62 tahun akibat serangan drone militer AS pada Jumat (3/1) lalu di dekat Bandara Internasional Baghdad. Serangan itu diperintahkan oleh Presiden AS Donald Trump, yang menyebut Soleimani sedang merencanakan 'serang besar dan segera' terhadap diplomat dan personel militer AS di Irak.

Para pelayat memenuhi jalanan kota TeheranPara pelayat memenuhi Alun-alun Enqelab-e-Eslami di Teheran Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi