Panglima Militer Taiwan Tewas dalam Kecelakaan Heli, Penyebab Diselidiki

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 15:45 WIB
Situasi di lokasi jatuhnya helikopter Black Hawk yang ditumpangi pejabat militer senior Taiwan (Yilan Fire Bureau via AP)
Taipei - Otoritas Taiwan berhasil menemukan kotak hitam dari helikopter Black Hawk yang jatuh dalam kecelakaan yang menewaskan Panglima Militer Jenderal Shen Yi-ming di kawasan pegunungan setempat. Penyelidikan untuk mencari tahu penyebab kecelakaan maut itu tengah dilakukan.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Jumat (3/1/2019), Taiwan sedang berkabung setelah Jenderal Shen bersama tujuh pejabat senior militer Taiwan lainnya tewas dalam kecelakaan helikopter di kawasan pegunungan dekat Taipei pada Kamis (2/1) waktu setempat. Rombongan pejabat tinggi militer Taiwan itu sedang menjalankan misi rutin mengunjungi tentara-tentara di wilayah Yilan, Taiwan bagian timur laut, menjelang Tahun Baru China.

Para penyidik berhasil menemukan rekaman data penerbangan yang ada pada kotak hitam helikopter militer itu pada Jumat (3/1) waktu setempat. Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan bahwa rekaman data penerbangan itu akan dianalisis lebih lanjut untuk membantu mencari tahu penyebab kecelakaan itu.


Selain Jenderal Shen (62), tujuh pejabat senior militer Taiwan lainnya tewas dalam kecelakaan itu terdiri atas dua pilot yang menerbangkan helikopter, kemudian Wakil Kepala Biro Perang Politik dan Wakil Kepala Staf Intelijen.

Lima orang lainnya, termasuk dua pejabat militer berpangkat Letnan Jenderal dan satu pejabat berpangkat Mayor Jenderal, selamat dalam kecelakaan ini. Total ada 13 orang di dalam helikopter militer tersebut saat kecelakaan terjadi.

Jenderal Shen menjadi pejabat militer berpangkat tertinggi yang gugur dalam tugas. Bendera setengah tiang dikibarkan di seluruh unit militer Taiwan sejak Kamis (2/1) waktu setempat.
Selanjutnya
Halaman
1 2