Usai Balas Hizbullah Irak, 4 Roket Meledak Dekat Pangkalan AS

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 30 Des 2019 05:14 WIB
Foto ilustrasi: Istimewa/UNICEF/Ivor Prickett/The New York Times.
Baghdad - Amerika Serikat (AS) telah melancarkan serangan balasan ke kelompok Hizbullah Irak bernama Hashed al Shaabi, serangan itu menewaskan 15 orang. Kini empat roket meledak di permukiman dekat pangkalan militer AS.

Dilansir AFP, Minggu (30/12/2019), empat roket itu meledak dekat pangkalan AS tak jauh dari ibu kota Irak.



Roket itu disebut berjenis Katyusha. Empat roket itu meledak di kawasan Taji yang menjadi pangkalan militer AS. Namun tak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.

"Empat roket Katyusha meledak di sore hari di sekitar pangkalan militer besar di Taji Irak... yang menjadi permukiman tentara Amerika. Tak ada korban jiwa," kata pejabat Irak.



Sebelumnya, aksi balas-balasan serangan terjadi antara AS dan pasukan yang didukung Iran itu. Serangan Hizbullah ke basis militer AS K1 di Kirkuk dilancarkan pada Jumat (27/12) kemarin. Serangan Hizbullah menggunakan lebih dari 30 roket kearah kawasan kaya minyak di utara Baghdad itu.

Sejurus kemudian, AS membom pusat Hizbullah Irak yang didukung Iran itu. AS menyebutnya Kata'ib Hizbullah. Kelompok Hashed al-Shaabi menyatakan ada 15 orang tewas akibat serangan AS yang terbaru itu.



Tonton juga video Warga Irak Tolak Pencalonan Al-Sudani Jadi PM Irak:

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)