Di Hari Natal, Paus Fransiskus Berdoa untuk Perdamaian Dunia

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 04:21 WIB
Paus Fransiskus (Foto: BBC World)
Vatikan - Paus Fransiskus memanjatkan doa untuk beberapa peristiwa yang tengah terjadi di berbagai belahan dunia di hari Natal 2019. Paus berdoa terkait krisis di Timur Tengah, Venezuela dan Lebanon serta konflik bersenjata yang menghancurkan banyak negara di Afrika.

"Semoga Kristus memberikan cahaya kepada anaknya yang menderita akibat perang dan konflik di Timur Tengah dan di berbagai negara di dunia," ujar Paus Fransiskus dalam pesan Natal di Vatikan seperti dikutip dari AFP, Kamis (26/12/2019).

"Semoga Dia (Tuhan) memberikan rasa aman kepada warga Suriah yang mengalami konflik selama satu dekade terakhir. Juga mendesak masyarakat internasional menemukan solusi untuk orang-orang di wilayah itu agar hidup bersama dalam perdamaian," lanjutnya.



Paus Fransiskus juga berdoa agar terciptanya perdamaian di Lebanon, dia menggunakan istilah 'Urbi et Orbi' (kepada kota dan dunia) untuk menyuarakan resolusi terhadap krisis yang terjadi di Lebanon. Paus berharap agar masyarakat Lebanon bisa hidup berdampingan secara damai.

Sedangkan di Timur Tengah, Paus menyebut begitu banyak orang yang menginginkan dan masih menunggu hadirnya kedamaian, terutama di Irak dan Yaman.

Paus juga mencatat sejumlah negara sedang mengalami konflik sosial dan politik di Amerika Selatan. Dia mendesak agar rakyat di Venezuela segera memperoleh bantuan yang mereka butuhkan. Paus Fransiskus mengatakan krisis masih terjadi di benua itu dan masih banyak bentuk kemiskinan.

Selanjutnya
Halaman
1 2