Bentrok Malam Natal, Polisi Tembakkan Gas Air Mata ke Demonstran Hong Kong

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Des 2019 11:18 WIB
Polisi Hong Kong menembakkan gas air mata ke demonstran saat kerusuhan di malam Natal (24/12) waktu setempat. (Foto: AP Photo/Kin Cheung)
Hong Kong - Kerusuhan di Hong Kong masih berlanjut meski memasuki malam Natal. Demonstran anti-pemerintah dan polisi terlibat bentrokan.

Dilansir dari Associated Press (AP), bentrokan terjadi pada hari Selasa (24/12/2019) malam. Pengunjuk rasa yang terlihat berpakaian hitam menghancurkan jendela toko dan direspons polisi dengan tembakan gas air mata serta penangkapan sejumlah demonstran.
"Banyak orang berbelanja sehingga ini adalah kesempatan yang baik untuk menyebarkan pesan dan memberi tahu orang-orang tentang apa yang kami perjuangkan," kata seorang mahasiswa bernama Ken, seperti dikutip dari Reuters.

"Kami berjuang untuk kebebasan, kami berjuang untuk masa depan kami," imbuhnya.


Demonstrasi yang sudah berlangsung selama 6 bulan di Hong Kong belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Meski Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, memutuskan mencabut Rancangan Undang-Undang Ekstradisi yang sebelumnya menjadi pemicu aksi, tetapi dia menolak mengabulkan sejumlah tuntutan lainnya yang diajukan para pengunjuk rasa.

Seperti yang terjadi di hari Minggu (22/12) kemarin. Demonstrasi terpusat di distrik Mong Kok yang merupakan kelas pekerja di kota itu. Polisi sempat menangkap pengunjuk rasa di pusat perbelanjaan dan di kereta bawah tanah. (dkp/fjp)