Hangat dan Meriah, Suasana Natal Masyarakat Indonesia di Roma

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 17:59 WIB
Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Roma menyanyikan lagu-lagu Indonesia (Foto: KBRI Roma)
Roma - Bertempat di Wisma Duta Besar Republik Indonesia di Roma, Italia, sekitar 250 warga dan sahabat Indonesia dari berbagai daerah di Italia berkumpul untuk berbagi sukacita Natal.

Acara yang digelar pada Minggu (15/12) waktu setempat tersebut diawali dengan ibadah Natal untuk umat Kristiani, dipimpin oleh Romo Agustinus Purnama, kemudian dilanjutkan dengan Perayaan Natal yang dihadiri oleh masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang agama dengan sejumlah acara yang meriah.

Dalam ibadah Natal dengan tema "Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang", Romo Agustinus menekankan pentingnya mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan, dan mendorong setiap umat untuk berinisiatif menjadikan dirinya sebagai sahabat bagi semua orang.

Dalam rilis pers KBRI Roma kepada detikcom, Rabu (18/12/2019), disebutkan bahwa pada acara Perayaan Natal kali ini, ada sejumlah persembahan kidung natal oleh Grup Oikumene Roma, GBI Mawar Sharon Roma, juga perwakilan rohaniwan Katolik. Para staf KBRI Roma, Dubes dan staf KBRI Vatikan serta Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Roma juga bergantian menghangatkan suasana dengan menyanyikan lagu-lagu Indonesia sebagai ungkapan kebersamaan.

Sinterklas pun ikut membawa sukacita bagi anak-anak Indonesia yang hadir, dengan membagikan bingkisan sederhana. Anak-anak belajar berbagi kebersamaan sambil menyanyikan lagu "Pelangi-pelangi" dan "Balonku".

Kerinduan masyarakat Indonesia kepada tanah air seolah terobati dengan menikmati sajian mie bakso, ayam bakar, ikan balado serta kue pukis dan dadar gulung. Sajian ini semakin pas, di tengah temperatur kota Roma yang cukup dingin hari itu.

Para pengunjung menikmati hidangan kuliner Indonesia (Foto: KBRI Roma)


Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia agar senantiasa menjaga persatuan dan mengedepankan persahabatan.

"Dalam setiap langkah kita semua, menawarkan persahabatan yang berlandaskan cinta kasih akan menghilangkan berbagai perbedaan yang kita miliki. Pesan Natal 2019 adalah pesan persahabatan yang membawa kita kembali kepada sejarah bangsa Indonesia, cita-cita bersama Indonesia dan perjuangan bersama bagi kemanusiaan yang bermartabat," demikian disampaikan Dubes Esti. (ita/ita)