Lagi, Turki Tangkap Hampir 200 Orang Diduga Terkait Ulama Fethullah Gulen

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 18:03 WIB
Ulama Fethullah Gulen (detikcom)
Ankara - Kepolisian Turki kembali menangkap 181 orang yang diduga terkait kelompok yang dipimpin ulama Fethullah Gulen yang dituduh mendalangi upaya kudeta tahun 2016.

Penangkapan ini diumumkan kantor penuntut umum Ankara seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (17/12/2019).




Penangkapan ini dilakukan setelah penuntut umum Ankara mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk 260 tersangka yang dituduh menggunakan aplikasi pesan terenskripsi, ByLock, yang oleh otoritas diyakini digunakan untuk mengkoordinasikan upaya kudeta tahun 2016. Sebanyak 18 tersangka lainnya, termasuk 10 dokter, diperintahkan ditangkap dalam penyelidikan kedua.

Kantor penuntut umum Ankara menyebutkan bahwa sejauh ini otoritas telah menangkap 171 orang di ibu kota Turki, Ankara dan 10 tersangka lainnya di tempat lain yang tidak disebutkan.




Ratusan ribu orang telah ditangkap atas dugaan keterkaitan dengan ulama Gulen yang bermukim di Amerika Serikat. Pemerintah Turki menuding ulama berpengaruh tersebut telah memerintahkan kudeta yang gagal terhadap pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan pada tahun 2016. Gulen telah membantah tuduhan ini.

Sejak gagalnya upaya menggulingkan Erdogan, pihak berwenang juga telah memecat atau menskorsing lebih dari 140.000 pekerja sektor publik atas dugaan keterkaitan dengan Gulen.

(ita/ita)