Pria Hong Kong Hilang Usai Lintasi Jembatan Perbatasan, Ditangkap China?

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 16 Des 2019 12:23 WIB
Insiden ini terjadi saat demonstran Hong Kong terus menggelar unjuk rasa antipemerintah (AP Photo/Mark Schiefelbein)
Insiden ini terjadi saat demonstran Hong Kong terus menggelar unjuk rasa antipemerintah (AP Photo/Mark Schiefelbein)
Hong Kong - Seorang warga Hong Kong dilaporkan hilang usai melintasi jembatan lintas perbatasan menuju Macau, yang dijaga oleh polisi daratan China. Diduga kuat warga Hong Kong ini ditangkap otoritas China.

Seperti dilansir AFP, Senin (16/12/2019), Departemen Imigrasi Hong Kong membenarkan adanya laporan seorang pria hilang usai menyeberangi perbatasan dari Hong Kong ke Macau. Pria Hong Kong yang hilang itu hanya disebut bermarga Chan.

Laporan ini pertama muncul pada Sabtu (14/12) setelah anak laki-laki dari Chan menuturkan kepada media-media lokal bahwa ayahnya mengirimkan pesan teks yang isinya menyebut dia ditahan saat melewati sebuah pulau buatan yang dijaga polisi China dalam perjalanan menuju Macau.


Menurut anaknya, Chan bepergian ke Macau dengan bus pada Jumat (13/12) sore dengan melewati jembatan dan terowongan bawah laut super-panjang (mega bridge) sepanjang 55 kilometer yang menghubungkan Hong Kong dengan Macau dan Zhuhai.

"Pesan terakhirnya mengatakan 'Saya ditangkap'," sebut anak Chan kepada Cable News.

Pulau buatan yang ada di tengah-tengah Pearl River Delta diketahui membentang di perairan daratan China. Pekan lalu, kepolisian daratan China mendirikan pos pemeriksaan baru yang dilengkapi dengan mesin sinar-X dan alat pemeriksa dengan sistem pengenalan wajah (facial recognition) menjelang kunjungan Presiden China Xi Jingping ke Macau.



Tonton video Banjir Rendam Tambang Batu Bara, 4 Penambang Tewas:


Selanjutnya
Halaman
1 2