AS Diam-diam Usir 2 Diplomat China Terkait Dugaan Spionase

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 16 Des 2019 09:32 WIB
Ilustrasi (Getty Images/AFP)
Ilustrasi (Getty Images/AFP)
Washington DC - Amerika Serikat (AS) dilaporkan secara diam-diam mengusir dua pejabat Kedutaan Besar (Kedubes) China atas dugaan spionase. Dua pejabat diplomatik itu diusir karena kedapatan menyusup ke pangkalan militer sensitif milik AS di Virginia.

Seperti dilansir AFP, Senin (16/12/2019), pengusiran diam-diam itu dilaporkan oleh surat kabar terkemuka AS, The New York Times (NYT), yang mengutip sejumlah sumber yang memahami insiden ini. Disebutkan lebih lanjut oleh NYT bahwa dua diplomat China itu diusir diam-diam pada September lalu.

Disebutkan NYT bahwa pengusiran ini menjadi yang pertama dalam 30 tahun terakhir saat AS mengusir diplomat AS atas kecurigaan spionase. Setidaknya salah satu diplomat China, sebut NYT, diyakini merupakan agen intelijen yang menyamar.


Insiden pengusiran ini terjadi saat AS dan China, dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia, terlibat perang dagang. Pada Jumat (13/12) lalu, kedua negara mengumumkan kesepakatan mini untuk mengurangi tarif.

NYT menyebutkan bahwa kedua diplomat China itu -- masing-masing didampingi istri-istri mereka -- berkendara ke pos pemeriksaan di pintu masuk sebuah instalasi militer sensitif di dekat Norfolk, Virginia. Terdapat markas pasukan operasi khusus di instalasi militer tersebut.

Para penjaga instalasi militer itu mencegat dua diplomat itu karena mereka tidak memiliki izin untuk masuk dan mengarahkan mereka untuk masuk ke pintu gerbang dan berbalik arah menuju pintu keluar kompleks militer AS tersebut.
Selanjutnya
Halaman
1 2