4 Sandera di Nigeria Dibunuh Kelompok Militan ISIS Afrika

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 14 Des 2019 15:59 WIB
ilustrasi: bekas serangan Boko Haram di Nigeria (Foto: REUTERS/Kolawole Adewale)


Keenam sandera -- seorang pegawai Action Against Hunger, dua sopir dan tiga personel Kementerian Kesehatan -- diculik saat mengantarkan bantuan kemanusiaan kepada warga di negara bagian Borno. Sopir mereka tewas dalam penyerangan yang dilakukan oleh para militan, yang diyakini sebagai anggota kelompok ISIS di Afrika, Islamic State West Africa Province (ISWAP).

ISWAP adalah kelompok sempalan Boko Haram yang bersumpah setia pada tahun 2016 kepada Abu Bakar al-Baghdadi, pemimpin kelompok ISIS yang tewas pada bulan Oktober saat serangan AS di tempat persembunyiannya di Suriah. Kelompok militan ini telah berulang kali menyerang pangkalan-pangkalan militer dan sebelumnya menargetkan para pekerja kemanusiaan di timur laut Nigeria.

Boko Haram sendiri telah melancarkan pemberontakan sejak 10 tahun silam dan telah menewaskan sekitar 35 ribu orang dan menyebabkan sekitar dua juta orang mengungsi dari rumah-rumah mereka di Nigeria.

Kekerasan Boko Haram kini telah meluas ke negara-negara tetangga Niger, Chad dan Kamerun, hingga mendorong dibentuknya koalisi militer regional untuk memerangi para pemberontak tersebut.



"Action Against Hunger mengutuk pembunuhan terbaru ini dengan sekeras-kerasnya dan sangat menyesalkan bahwa seruannya untuk membebaskan para sandera belum ditindaklanjuti," kata NGO Prancis itu dalam pernyataannya.

Halaman

(ita/ita)