Laporan dari Madrid

Brasil Menolak, Artikel 6 Persetujuan Paris Tak Tuntas di COP25

Mei Amelia R - detikNews
Sabtu, 14 Des 2019 03:39 WIB
Ruandha Agung Sugardiman (Foto: Mei Amelia/detikcom)
Ruandha Agung Sugardiman (Foto: Mei Amelia/detikcom)
Madrid - Konferensi Perubahan Iklim (UNFCCC-COP25) yang berakhir pada Kamis (12/12) tidak menuntaskan kesepakatan terkait artikel 6 Persetujuan Paris. Hal ini lantaran Brasil menolak dan menginginkan Kyoto Protocol dibawa ke Paris Agreement.

"Artikel 6 itu ada 9 ayat, yang paling krusial dan belum putus sejak Katowitce itu 6.2, 6.4, dan 6.8. (Artikel) 6.2 itu tentang kerjasama antar negara, artikel 6.4 itu tentang mekanisme di UN dan artikel 6.8 itu yang non-market ini," kata Ketua Tim Negosiator Delegasi RI Ruandha Agung Sugardiman di Madrid, Kamis 12 Desember 2019 malam.



Ruandha mengatakan, ada beberapa negara yang masih punya kepentingan, salah satunya terkait Kyoto Protocol. Brasil, salah satunya menginginkan agar kebijakan mengenai karbon pada Kyoto Protocol bisa dilanjutkan di Paris Agreement yang akan berlangsung pada Januari 2020.

"Padahal mekanismenya lain. Kalau Kyoto Protocol itu lebih ke clean mechanism, kalau sekarang lebih ke sustainable development mechanism. Kita mendorong pembangunan berkelanjutan dan enviromentaly integrity, artinya apa, itu yang harus kita dorong sekarang ini," tuturnya.

"Brasil yang belum bisa legowo, karena dia proyek CDM-nya banyak. Dia ingin proyek CDM-nya di recognize dan di-carry over ke mekanisme baru," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2