Boris Johnson Menangi Pemilu Parlemen Inggris, Trump Ucapkan Selamat

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 16:42 WIB
Boris Johnson saat berjabat tangan dengan Donald Trump di markas PBB tahun 2017 lalu (Brendan Smialowski/AFP)
Boris Johnson saat berjabat tangan dengan Donald Trump di markas PBB tahun 2017 lalu (Brendan Smialowski/AFP)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson, yang partainya baru saja memenangkan pemilu parlemen. Trump menyebut AS dan Inggris kini bebas menjalankan kesepakatan perdagangan baru yang 'masif'.

Seperti dilansir AFP, Jumat (13/12/2019), PM Johnson bersama Partai Konservatif meraup kemenangan terbesar sejak tahun 1992 lalu. Dalam pemilu parlemen yang digelar pada Kamis (12/12) waktu setempat, Partai Konservatif mendominasi perolehan kursi parlemen Inggris.

Partai Konservatif memenangkan 364 kursi dari total 650 kursi House of Commons -- kamar rendah dalam parlemen Inggris. Itu berarti partai yang dipimpin PM Johnson ini meraup 47 kursi tambahan dari sebelumnya.


Partai Buruh yang dipimpin tokoh oposisi Jeremy Corbyn menuai kekalahan terburuk sejak tahun 1935, dengan kehilangan 59 kursi. Kini Partai Buruh hanya memiliki 203 kursi dalam parlemen Inggris.

"Selamat untuk Boris Johnson atas KEMENANGAN hebat!" tulis Trump via akun Twitter-nya.

"Inggris dan Amerika Serikat sekarang akan bisa bebas melakukan Kesepakatan Dagang baru yang masif setelah BREXIT. Kesepakatan ini memiliki potensi untuk menjadi jauh lebih besar dan lebih menguntungkan dibandingkan setiap kesepakatan yang mungkin dicapai dengan Uni Eropa," imbuhnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2