Bawa Uang Tunai Rp 16 M Keluar-Masuk Singapura, WNI Didenda Rp 162 Juta

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 18:13 WIB
Ilustrasi (dok. detikcom/Ari Saputra)
Singapura - Seorang pria asal Indonesia (WNI) diadili di Singapura karena kedapatan membawa uang tunai total SG$ 1,6 juta (Rp 16,2 miliar) tanpa melaporkannya saat keluar-masuk Singapura selama 4 tahun terakhir. Pria WNI ini dihukum denda sebesar SG$ 16 ribu (Rp 162,8 juta) oleh pengadilan setempat.

Seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (12/12/2019), pria WNI bernama Wardoyo Suro Wijoyo (59) ini mengaku bersalah atas empat dakwaan tidak melaporkan uang tunai yang dibawanya saat di Bandara Changi. Sebanyak 33 dakwaan lainnya menjadi pertimbangan hakim.

Diungkapkan dalam persidangan bahwa Wardoyo membawa uang tunai sebesar SG$ 21.300 dan SG$ 110 ribu dalam beberapa kali perjalanan keluar dan masuk Bandara Changi antara April 2015 hingga Juni 2019.


Wardoyo ditangkap pada 28 Juni lalu setelah tiba dengan penerbangan dari Indonesia dan dicegat saat pemeriksaan rutin oleh petugas Otoritas Imigrasi dan Pemeriksaan (ICA). Saat itu Wardoyo menyatakan tidak membawa apapun untuk dilaporkan, namun petugas yang memeriksa tasnya menemukan uang tunai sebesar SG$ 47.500 dalam pecahan Rupiah dan dolar Singapura.

Uang tunai itu disita dan Wardoyo mengakui telah membawa uang tunai dalam jumlah besar keluar Singapura dalam beberapa kesempatan.

Diketahui bahwa Undang-undang Korupsi, Perdagangan Narkoba dan Tindak Kriminal Serius Lainnya mengatur bahwa siapa saja yang memindahkan uang tunai sebesar SG$ 20 ribu ke dalam atau keluar Singapura harus memberikan laporan kepada otoritas terkait.
Selanjutnya
Halaman
1 2