Korban Tewas Erupsi Gunung Berapi Selandia Baru Bertambah Jadi 16 Orang

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 17:08 WIB
Petugas penyelamat meninggalkan White Island usai terjadi erupsi gunung api (Michael Schade via AP)
Wellington - Korban tewas akibat erupsi gunung berapi di White Island, Selandia Baru, bertambah menjadi 16 orang, setelah dua korban luka lainnya meninggal dunia di rumah sakit. Namun upaya evakuasi jenazah korban yang masih ada di dekat kawah gunung api terhambat oleh muntahan lumpur dan awan panas yang berlanjut.

Seperti dilansir Associated Press dan Reuters, Kamis (12/12/2019), otoritas medis di Selandia Baru berjibaku dengan waktu dalam merawat para korban luka yang kebanyakan mengalami luka bakar parah. Hingga kini dilaporkan 28 pasien masih dirawat di rumah sakit, termasuk 23 orang dalam kondisi kritis.

Dari 16 korban tewas, sebanyak delapan jenazah masih belum dievakuasi. Otoritas terkait meyakini delapan jenazah itu terkubur timbunan abu vulkanis dan puing-puing gunung api yang mengalami erupsi pada Senin (9/12) waktu setempat.


Gunung api tersebut dilaporkan terus memuntahkan awan panas dan lumpur vulkanis, sehingga menunda rencana evakuasi jenazah yang ada di dekat kawah.

"Saya bisa mengonfirmasi bahwa kita sedang memfinalisasi rencana untuk mengevakuasi jenazah-jenazah dari Whakaari atau White Island besok pagi," ucap Deputi Komisioner John Tims dari Kepolisian Selandia Baru dalam pernyataan pada Kamis (12/12) waktu setempat.

Tims menyatakan keluarga korban akan diberi briefing soal operasi evakuasi itu.

Simak Video "Gunung Api di Selandia Baru Usai Meletus Dilihat dari Satelit"


Selanjutnya
Halaman
1 2