Rusia Usir Diplomat Jerman sebagai Balasan Pengusiran Pekan Lalu

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 16:56 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Moskow - Pemerintah Rusia mengusir dua diplomat Jerman sebagai tindakan balasan, setelah Berlin mengusir dua diplomat Rusia atas pembunuhan seorang bekas komandan Chechnya di sebuah taman di Berlin.

"Sebagai tindakan balasan, pihak Rusia memutuskan untuk menyatakan dua pegawai Kedutaan Jerman di Rusia 'persona non grata'," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (12/12/2019). Disebutkan bahwa kedua diplomat Jerman itu diberi waktu tujuh hari untuk meninggalkan Rusia.

Kementerian Rusia mengumumkan pengusiran tersebut setelah memanggil Duta Besar Jerman untuk Rusia, Geza Andreas von Geyr dan mengeluarkan nota protes diplomatik resmi atas pengusiran "tak berdasar" diplomat-diplomat Rusia yang ditempatkan di Berlin.



Pemerintah Jerman mengusir kedua diplomat Rusia itu pekan lalu, setelah jaksa menyatakan bahwa Moskow mungkin berada di balik pembunuhan Zelimkhan Khangoshvili, warga Georgia berumur 40 tahun. Khangoshvili ditembak dua kali di bagian kepala dari jarak dekat di taman Kleiner Tiergarten pada Agustus lalu. Pelakunya diduga seorang pria Rusia yang ditangkap tak lama setelah penembakan tersebut.

Para jaksa penuntut federal Jerman menyatakan bahwa mereka memiliki "bukti faktual" yang menunjukkan bahwa pembunuhan itu dilakukan atas nama badan-badan negara Rusia atau Chechnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2