Greta Thunberg, Aktivis Remaja Asal Swedia Jadi TIME Person of the Year 2019

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 12:29 WIB
Greta Thunberg sebagai TIME Person of the Year 2019 (Time via AP)
Madrid - Aktivis lingkungan asal Swedia, Greta Thunberg, terpilih menjadi Person of the Year untuk tahun 2019 versi majalah terkemuka TIME. Remaja berusia 16 tahun ini disebut telah menginspirasi jutaan kaum muda di seluruh dunia untuk mengambil tindakan dalam menghadapi perubahan iklim.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Kamis (12/12/2019), Thunberg meluncurkan kampanye melawan perubahan iklim sejak usianya menginjak 15 tahun. Dia rela membolos sekolah setiap hari Jumat untuk menggelar unjuk rasa di luar Gedung Parlemen Swedia. Aksi ini dilakukannya sendirian setiap minggu.

Dalam aksinya, Thunberg mendorong pemerintah Swedia untuk memenuhi tujuan ambisius dalam mengurangi emisi karbon. Aksinya menarik perhatian banyak orang dan pada September tahun ini, jutaan orang di berbagai negara turun ke jalanan untuk mendukung apa yang diperjuangkan Thunberg.


Majalah TIME menyebut Thunberg telah menjadi wajah dari aktivis lingkungan generasi baru. Beberapa pihak menyambut baik upayanya, termasuk saat menyampaikan pidato menantang para pemimpin dunia untuk menghentikan pemanasan global. Namun ada juga yang mengkritiknya.

"Untuk menyuarakan peringatan soal hubungan ganas antara kemanusiaan dengan satu-satunya rumah yang kita miliki, untuk membawa suara yang melintasi latar belakang dan perbatasan ke dalam dunia yang terpecah-pecah, untuk menunjukkan kepada kita semua seperti apa saat generasi baru memimpin, Greta Thunberg adalah TIME Person of the Year tahun 2019," tulis majalah TIME dalam situs resminya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3