Hakim AS Larang Trump Transfer Rp 49 T untuk Biayai Tembok Meksiko

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 18:18 WIB
Ilustrasi (Mario Tama/Getty Images)
Texas - Seorang hakim federal di Amerika Serikat (AS) mengeluarkan perintah permanen yang melarang Presiden AS Donald Trump mentransfer dana pertahanan sebesar US$ 3,6 miliar atau sekitar Rp 49,7 triliun untuk membiayai pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko.

Seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Rabu (11/12/2019), hakim federal, David Briones, dari pengadilan distrik AS di El Paso, Texas merilis perintah permanen itu dalam putusan setebal 21 halaman pada Selasa (10/12) waktu setempat.

Putusan ini menjadi kemunduran bagi Trump, yang pemerintahannya bersumpah untuk membangun tembok perbatasan setidaknya sepanjang 725 kilometer pada November 2020 mendatang saat pilpres AS digelar. Trump menegaskan bahwa tembok perbatasan mampu menangkal perlintasan ilegal dari Meksiko.


Menanggapi putusan tersebut, seorang juru bicara Departemen Kehakiman AS menyatakan pemerintahan Trump akan mengajukan banding.

Pada Februari lalu, Trump menetapkan masa darurat nasional agar bisa mentransfer dana dari Pentagon atau Departemen Pertahanan AS untuk membiayai pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko setelah Kongres AS menolak mengabulkan pembiayaan yang diajukannya dalam rencana anggaran.

Para politikus top Demokrat di Kongres AS mengkritik proyek pembangunan tembok perbatasan itu sebagai pemborosan dan tidak efektif.
Selanjutnya
Halaman
1 2