Puluhan Turis Asing di Dekat Gunung Api Selandia Baru Saat Erupsi Terjadi

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 13:40 WIB
Momen saat gunung api di White Island, Selandia Baru mengalami erupsi (Michael Schade via AP)
Wellington - Puluhan orang dilaporkan ada di dekat kawah gunung api di White Island, Selandia Baru, saat erupsi terjadi pada Senin (9/12) waktu setempat. Sebagian besar merupakan turis-turis asing, yang asal kewarganegaraannya baru saja diumumkan otoritas Selandia Baru.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Selasa (10/12/2012), Deputi Komisioner dari Kepolisian Selandia Baru, John Tims, yang juga Komandan Operasi Nasional telah mengonfirmasi asal kewarganegaraan dari 47 orang yang ada di dekat gunung api di White Island saat erupsi terjadi.

Disebutkan Tims bahwa mereka terdiri atas sembilan warga Amerika Serikat (AS) dua warga Inggris. "Empat orang dari Jerman, 24 orang dari Australia, lima orang dari Selandia Baru, dua orang dari China dan satu orang dari Malaysia," sebut Tims.


Erupsi yang terjadi pada Senin (9/12) waktu setempat memuntahkan kepulan awan panas dan abu vulkanis ke udara, hingga ke ketinggian 3.660 meter. Diperkirakan 13 orang tewas akibat erupsi ini.

Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Jacinda Ardern, dalam pernyataannya mengonfirmasi lima orang tewas dan menyebut delapan orang lainnya masih hilang. Kepolisian Selandia Baru sebelumnya memperkirakan tidak ada lagi korban selamat dari erupsi gunung api di White Island.

White Island, yang oleh suku Maori disebut sebagai Whakaari, merupakan ujung dari gunung api bawah laut yang terletak di lokasi berjarak 50 kilometer dari daratan utama Selandia Baru.


Selanjutnya
Halaman
1 2