Polisi Temukan 2 Bom Rakitan di Sekolah Hong Kong, Berhasil Dijinakkan

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 11:04 WIB
ILustrasi (AP Photo)
ILustrasi (AP Photo)
Hong Kong - Kepolisian Hong Kong menemukan dua bom rakitan berukuran besar di halaman salah satu sekolah setempat. Dua bom rakitan yang berisi paku itu disebut oleh kepolisian, sengaja dirancang 'untuk membunuh dan melukai orang'.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Selasa (10/12/2019), dua bom rakitan itu ditemukan di halaman Wah Yan College di distrik Wanchai pada Senin (9/12) malam waktu setempat. Seorang tukang sapu di sekolah itu menjadi orang pertama yang menemukannya.

"Bom-bom itu lengkap, berfungsi penuh dan siap untuk digunakan," sebut polisi penjinak bom senior dari Kepolisian Hong Kong, Alick McWhirter, dalam pernyataannya, merujuk pada temuan dua bom rakitan itu.


Asal dan perakit bom tersebut tidak diketahui secara jelas. Kepolisian Hong Kong menegaskan dua bom rakitan itu telah dijinakkan.

Disebutkan McWhirter bahwa dua bom rakitan itu berisi total 10 kilogram peledak berbasis amonium nitrat rakitan sendiri yang memiliki daya ledak tinggi. Kedua bom itu diketahui dikendalikan dengan remote control, yang dirancang untuk diledakkan menggunakan telepon genggam.

Serpihan logam termasuk paku ditambahkan ke dalam bom rakitan itu untuk memicu cedera parah. "Kedua peledak ini hanya memiliki satu fungsi, untuk membunuh dan melukai orang-orang," ucap McWhirter.


Tonton juga Polisi Tegaskan Granat Asap yang Meledak di Monas Bukan Milik Mereka :


Selanjutnya
Halaman
1 2